GAME ONLINE
Game
adalah sesuatu yang dapat dimainkan dengan aturan tertentu sehingga ada yang
menang dan ada yang kalah, biasanya dalam konteks tidak serius atau dengan
tujuan refreshing. Permainan
Daring (Game Online) merupakan jenis permainan komputer yang memanfaatkan
jaringan komputer baik LAN atau Internet. Pada sebuah game online, Internet
adalah sebuah fasilitas yang memungkinkan kita bermain pada jalur protokol yang
digunakan Internet, walaupun game online tidak selalu dapat dimainkan secara
multi player, tetapi umumnya game online dengan skala yang cukup besar
mendukung permainan multiplayer, yang menjadi salah satu faktor kepopuleran
game online. Game Online terdiri dari berbagai macam jenis, mulai dari yang
paling sederhana berbasis teks hingga permainan yang menggunakan grafik
kompleks dan membentuk dunia virtual yang ditempati oleh banyak pemain
sekaligus. Dalam game online, ada dua unsur utama, yaitu server dan client. Server
melakukan administrasi permainan dan menghubungkan client, sedangkan client
adalah pengguna permainan yang memakai kemampuan server. Game online bisa juga
disebut sebagai bagian dari aktivitas sosial karena pemain bisa saling
berinteraksi secara virtual dan bisa juga menciptakan suatu komunitas dalam
game tersebut.
Menurut
Webster Dictionary edisi tahun 1913 istilah game didefiniskan sebt, physical or
mental, according to certain rules, for amusement, recreation, or for winning a
stake; as, a game of chance; games of skill; field games, etc.”
Menurut
Andrew Rollings dan Ernest Adams, permainan daring(game online) lebih tepat
disebut sebagai sebuah teknologi, dibandingkan sebagai sebuah genre permainan;
sebuah mekanisme untuk menghubungkan pemain bersama, dibandingkan pola
tertentu dalam sebuah permainan (Rolling & Adams, 2006: 770).
Kemajuan
suatu teknologi sangat berkembang pesat di dunia yang global ini, tidak hanya
pada kota-kota besar, tetapi kota-kota kecilpun juga. Dalam 10 tahun terakhir,
permainan elektronik atau yang kita sering sebut dengan game online sudah
menjamur dimana-mana. Banyak sekali game center yang bermunculan. Game center
itu sendiri tidak seperti warnet, mereka memiliki pelanggan tetap yang lebih
banyak daripada warnet. Inilah yang membuat game center hampir selalu
ramai dikunjungi.
Game
saat ini tidak seperti game terdahulu, jika dahulu game hanya bisa maksimal
dimainkan dua orang, sekarang dengan kemajuan teknologi terutama jaringan
internet, game bisa dimainkan 100 orang lebih sekaligus dalam waktu yang
bersamaan. Walaupun game ditujukan untuk anak-anak, tidak sedikit pula orang
dewasa kerap memainkannya bahkan tidak sedikit yang menjadikannya sebagai pekerjaan
dan mendapat penghasilan dari bermain game.
Game
Online juga membawa dampak yang besar terutama pada perkembangan anak maupun
jiwa seseorang. Yang mendominasi memainkan game online adalah kalangan
pelajar, mulai dari SD, SMP, dan SMA. Pelajar yang sering memainkan
suatu game online, akan menyebabkan ia menjadi ketagihan atau
kecanduan. Ketagihan memainkan game online akan berdampak buruk, terutama
dari segi akademik dan sosialnya. Walaupun kita dapat bersosialisasi dalam game
online dengan pemain lainnya, Game Online kerap membuat pemainnya melupakan
kehidupan sosial dalam kehidupan sebenarnya.
Sejarah
Permainan Daring(Game Online)
Permainan
daring dimulai sejak tahun 1969 ketika permainan untuk dua orang dikembangkan
dengan tujuan awal untuk pendidikan. Kemudian pada awal tahun 1970 sebuah
sistem dengan kemampuan time-sharing, yang disebut Plato, diciptakan untuk
memudahkan siswa belajar secara online, di mana beberapa pengguna dapat
mengakses komputer secara bersamaan menurut waktu yang diperlukan. Dua tahun
kemudian, muncul Plato IV dengan kemampuan grafik baru, yang digunakan untuk
menciptakan permainan untuk banyak pemain (multiplayer games).
Permainan
daring benar-benar mengalami perkembangan setelah tahun 1995 pembatasan NSFNET
(National Science Foundation Network) dihapuskan, membuat akses ke dominan
lengkap dari internet. Kesuksesan moneter menghampiri perusahaan-perusahaan
yang meluncurkan permainan ini, sehingga persaingan mulai tumbuh dan menjadikan
permainan daring semakin berkembang hingga hari ini.
Tahun
1969
Rick Blomme menulis
versi dua - pemain terkenal Spacewar MIT untuk layanan PLATO . PLATO adalah
salah satu yang pertama sistem time-sharing didedikasikan untuk bereksperimen
dengan cara-cara baru untuk menggunakan komputer untuk pendidikan . Awalnya
dibangun pada akhir 1960-an di University of Illinois / Urbana , itu berkembang
menjadi sebuah sistem yang , sekitar tahun 1972, bisa host sekitar 1.000
pengguna secara simultan .
Tahun
1970-1977
Beberapa game lebih
muncul pada layanan PLATO . Game multi player yang muncul di PLATO termasuk
versi Star Trek , sebuah Dungeons and Dragons - gaya permainan bernama Avatar
yang kemudian menjadi asal usul sihir pertama. Game PC dan simulator
penerbangan bernama Airfight.
Tahun
1979
Roy Trubshaw dan Bartle
Richard membuat pengembangan pertama Multi-User Dungeon (MUD) pada Desember -
10 di Universitas Essex , Colchester , Inggris. Tahun 1979-1980 Berbagai versi
dari MUD Essex yang dirilis pada mainframe universitas.
Tahun
1980
Apa yang sekarang
dianggap sebagai " klasik " MUD diinstal dan berjalan selama sembilan
tahun. Akhirnya, popularitas permainan dengan hacker dan non - hacker sama
menyebabkan sumber daya komputer untuk digunakan pada tingkat yang luar biasa
dan universitas membatasi waktu bermain dengan jam malam.
Tahun
1982-1983
Meskipun kode MUD
adalah hak cipta , Bartle cukup liberal tentang berbagi dengan perguruan tinggi
dan universitas untuk tujuan pendidikan. Seseorang di salah satu lembaga mulai
melewati sekitar kode sumber untuk teman-teman . Pada akhir tahun 1983, ratusan
salinan ilegal telah didistribusikan di seluruh dunia , mulai bebas akses MUD
menggila di universitas dan , akhirnya, di Internet .
Tahun
1982
Corporation ( http://www.gamestorm.com/company/ )
dibentuk oleh John Taylor dan Dr Kelton Flinn dan menerima kontrak pertama ,
untuk mengembangkan teks role-playing game ASCII untuk CompuServe .
Pertandingan nanti akan meluncurkan sebagai Kepulauan Kesmai . Bill Louden ,
yang bertanggung jawab atas pertandingan di CompuServe , membeli simulator
tempur ruang ASCII disebut DECwars pada Desember mainframe pita komputer untuk
$ 50,00. Dia menyerahkan itu ke Kesmai dan akhirnya meluncurkan sebagai
MegaWars I.
Tahun
1983
Kesmai meluncurkan
MegaWars I pada CompuServe . Akhirnya ditutup pada sekitar tahun 1998, itu
adalah waktu terlama untuk game online berbayar dalam sejarah . Kehormatan itu
sekarang berada dengan inkarnasi saat ini Trubshaw / Bartle MUD , MUD II
( http://www.mud2.com/ )
.
Tahun
1984
Versi komersial pertama
MUD dirilis pada Compunet di Inggris . Kepulauan Kesmai dirilis pada CompuServe
. Permainan akan berjalan selama kurang lebih tiga belas tahun dan akhirnya
akan menelurkan versi berbasis grafis , Legends of Kesmai , yang tersedia saat
ini di AOL dan Gamestorm . Harga untuk bermain pada tahun 1984 : Tentang $
12 per jam. Mark Jacobs membentuk perusahaan yang akhirnya akan menjadi Ausi
dan kemudian Hiburan Mythic ( http://www.mythicgames.com/ )
. Dia mendirikan sebuah sistem server di rumahnya dan menginstal 8 saluran
telepon untuk menjalankan berbasis teks role- playing game Aradath nya . Biaya
untuk bermain : $ 40 per bulan . Ini mungkin contoh pertama dari profesional
menjalankan, flat-rate layanan game online.
Tahun
1985
Informasi Divisi Jasa
Bill Louden meyakinkan General Electric untuk mendanai komersial, layanan
berbasis ASCII mirip dengan CompuServe , menggunakan jam malam kelebihan
kapasitas pada komputer mainframe GEIS itu . Dinamakan Genie oleh istri Bill (
GE Jaringan Informasi Exchange) , itu perdana menteri pada bulan Oktober untuk
banyak kehebohan . Ini adalah kompetisi serius pertama untuk CompuServe , harga
di malam hari adalah $ 6 per jam untuk kedua 1200 dan 300bps . Ini adalah
setengah dari harga CompuServe untuk akses 1200bps . Pada bulan November ,
Quantum Computer Services (kemudian mengubah nama itu sendiri America Online)
diam-diam meluncurkan QuantumLink , sebuah layanan online berbasis grafis
khusus untuk Commodore 64 / 128 pengguna . Harga adalah $ 9,95 per bulan ,
ditambah sekitar $ 5 per jam . Antarmuka grafis QuantumLink merupakan DAS dalam
layanan online tapi , karena C-64/128 ini sudah semakin berkurang , tak seorang
pun tampaknya membayar banyak perhatian . Ini akan berubah menjadi sebuah
kesalahan besar pada bagian dari pesaing . The Golden Age dari layanan online
dimulai.
Tahun
1986
Kesmai penulisan ulang
MegaWars I , file dari nomor seri dan meluncurkan pada Genie sebagai Prajurit
Stellar . Ini adalah pertama multiplayer game online Genie ini , itu bukan yang
terakhir . Jessica Mulligan , bekerja sebagai pustakawan relawan di Apple II
Roundtable on Genie , menemukan prajurit Stellar . Setelah account-nya
dimatikan oleh Genie tiga kali untuk bermain terlalu banyak, ia snags kontrak
untuk menulis gabungan Chat-based/Email-based permainan strategi ruang . The
Rim Dunia Perang meluncurkan pada pertengahan tahun , itu adalah pertama Play-
By- Email permainan ( PBEM ) pada layanan online komersial. Kesmai dimulai
pengujian pra - alpha Air Warrior , sebuah simulator penerbangan tempur Perang
Dunia II dan pertama benar grafis berbasis Massively Multiplayer game , pada
Genie . Versi Macintosh ditunjukkan pada beberapa terminal di stan Genie di
West Coast Computer Faire pada awal 1986 di San Francisco . 20.000 peserta yang
memukau . QuantumLink dimulai Casino pengujian Kelinci Jack , game online
berbasis grafis kedua di industri layanan online komersial. Dalam hubungannya
dengan LucasFilms , pengembangan Habitat dimulai . Steve Case dari Quantum
Computer Services mulai berkemah di Cupertino , CA , mencoba untuk mendapatkan
John Sculley untuk memungkinkan Apple Computers , Inc untuk mendukung layanan
online berbasis grafis untuk komputer Apple II. Setelah lebih dari 200 hari
mengomel terus-menerus , Sculley akhirnya setuju.
Tahun
1987
Jack dirilis pada
QuantumLink. Kesmai ini berkas Scraping bekerja sangat baik untuk Prajurit
Stellar, mereka mencabut nomor serial dari MegaWars III dan meluncurkannya sebagai
Kaisar Stellar pada Genie. Setelah bekerja dengan pribadi BBS berbasis peran -
bermain game dan layanan momok. David Whately menjual idenya untuk permainan
online berbasis teks Genie. Gemstone masuk ke pengujian alpha di akhir tahun dan
apa yang akan menjadi Simutronics Corporation lahir. Sebuah versi stripped-down
dari lumpur diluncurkan pada CompuServe sebagai Legends Inggris. Quantum
Computer Services mempekerjakan Kent Fillmore, Presiden Internasional Apple
Inti Inc, untuk mulai merekrut Pengurus untuk itu mendatang Apple II layanan
saja , Edisi AppleLink - Personal . Merekrut dan kontrak dengan Jessica
Mulligan Dia untuk mengelola Apple II Game Forum.
Tahun
1988
Asli Gemstone
role-playing game yang diluncurkan pada Genie sebagai Gemstone II Selama dua tahun berikutnya, permainan ini
berbasis teks akan melampaui Air Warrior sebagai game paling populer di Genie .
Quantum Computer Services meluncurkan AppleLink: Personal Edition untuk
komputer Apple II pada Mei AppleFest Konvensi di Boston Hal ini juga membalikkan
kedua game Ausi itu Aradath dan Galaxy II , untuk layanan online , dengan
mengatakan ia tidak ingin masuk ke permainan berbasis teks . Delapan tahun
kemudian , ia akan membalikkan keputusan ini dan tanda pada kedua Gemstone III
dan Gerbang Dragon , versi komersial Aradath , setelah menyadari mereka
meninggalkan jutaan dolar di atas meja untuk Genie dan CompuServe untuk snap .
Jessica Mulligan , sekarang Komputer Quantum Layanan karyawan, menulis sebuah
kertas putih pada industri game dan merekomendasikan bahwa lisensi Quantum
Advanced Dungeons & permainan Dragons dari TSR , Inc Ia melakukannya , dan
AD & D : Neverwinter Nights lahir , berdasarkan Emas SSI Box seri AD &
D game . Setelah diluncurkan Neverwinter Nights akan terus berjalan selama
beberapa tahun, meskipun teknologi antarmuka grafis putus asa usang . Di
dalamnya tahun lalu eksistensi sebagai permainan untuk –membayar, 1996, itu
akan meraup sekitar $ 5 juta dolar. Bulan depan : Industri lepas landas .
Jessica Mulligan telah terlibat dalam game online selama bertahun-tahun dan
saat ini menulis kolom untuk situs web Puppy Selamat disebut ' Menggigit Tangan
' . Artikel ini awalnya diterbitkan di Happy Puppy dan dia menyambut setiap dan
semua koreksi sejarah.
Tipe
Permainan Daring (Game Online)
A.
Berdasarkan Jenis Permainan
●Massively
Multiplayer Online First-person shooter games'''(MMOFPS)
Permainan
ini mengambil pandangan orang pertama sehingga seolah-olah pemain berada dalam
permainan tersebut dalam sudut pandang tokoh karakter yang dimainkan, di
mana setiap tokoh memiliki kemampuan yang berbeda dalam tingkat akurasi, reflex,
dan lainnya. Permainan ini dapat melibatkan banyak orang dan biasanya permainan
ini mengambil setting peperangan dengan senjata-senjata militer. Contoh
permainan jenis ini antara lain Counter Strike, Call of Duty, Point Blank, Quake,
Blood, Unreal.
●Massively
Multiplayer Online Real-time strategy games'''(MMORTS)
Permainan
jenis ini menekankan kepada kehebatan strategi pemainnya. Permainan ini memiliki
ciri khas di mana pemain harus mengelola suatu dunia maya dan mengatur Strategi
dalam waktu apapun. Dalam RTS, tema permainan bisa berupa
sejarah (misalnya seri Age of Empires), fantasi (misalnya Warcraft),
dan fiksi ilmiah (misalnya Star Wars).
●Massively
Multiplayer Online Role-playing games'''(MMORPG)
Sebuah
permainan di mana pemainnya memainkan peran tokoh-tokoh khayalan dan
berkolaborasi untuk merajut sebuah cerita bersama. RPG biasanya lebih mengarah
ke kolaborasi sosial daripada
Kompetisi. Pada umumnya dalam RPG, para pemain tergabung dalam satu
kelompok. Contoh dari genre permainan ini Ragnarok Online,The Lord of the Rings
Online: Shadows of Angmar, Final Fantasi, DotA.
●Cross-platform
online play
Jenis
permainan yang dapat dimainkan secara online dengan perangkat yang
berbeda. Saat ini mesin Permainan Konsol (console games) mulai berkembang
menjadi seperti komputer yang dilengkapi dengan jaringan sumber terbuka (open
source networks), seperti Dream Cast, playstation 2, danXbox yang
memiliki fungsi online. misalnya Need for Speed Underground, yang dapat
dimainkan secara online dari PC maupun Xbox 360.
●Massively
Multiplayer Online Browser Game
Permainan
yang dimainkan pada peramban seperti Mozilla Firefox atau Internet
Eksplorer. Sebuah permainan daring sederhana dengan pemain tunggal dapat
dimainkan dengan peramban melalui HTML dan teknologi scripting HTML (Java
Script, ASP, PHP, MySQL). Perkembangan teknologi grafik berbasis web
seperti Flash dan Java menghasilkan permainan yang dikenal dengan "Flash
games" atau "Java games" yang menjadi sangat populer. Permainan
sederhana seperti Pacman bahkan dibuat ulang menggunakan bergaya (plugin)
pada sebuah halaman web. Browser games yang baru menggunakan
teknologi Web seperti Ajax yang memungkinkan adanya
interaksi multiplayer.
●Simulation
games
Permainan
jenis ini bertujuan untuk memberi pengalaman melalui simulasi. Ada
beberapa jenis permainan simulasi, di antaranya life-simulation
games, construction and management simulation games, dan vehicle
simulation. Pada life-simulation games, pemain bertanggung jawab atas
sebuah tokoh atau karakter dan memenuhi kebutuhan tokoh selayaknya kehidupan
nyata, namun dalam ranah virtual. Karakter memiliki kebutuhan dan kehidupan
layaknya manusia, seperti kegiatan bekerja, bersosialisasi, makan, belanja, dan
sebagainya. Biasanya, karakter ini hidup dalam sebuah dunia virtual yang
dipenuhi oleh karakter-karakter yang dimainkan pemain lainnya. Contoh
permainannya adalah Second life.
●Massively
multiplayer online games (MMOG)
Pemain
bermain dalam dunia yang skalanya besar (>100 pemain), di mana setiap pemain
dapat berinteraksi langsung seperti halnya dunia nyata. MMOG muncul seiring
dengan perkembangan akses internet broadband di negara maju, sehingga
memungkinkan ratusan, bahkan ribuan pemain untuk bermain bersama-sama. MMOG
sendiri memiliki banyak jenis seperti:
●MMORPG (Massively
Multiplayer Online Role-Playing Game)
●MMORTS
(Massively Multiplayer Online Real-Time Strategy)
●MMOFPS
(Massively Multiplayer Online First-Person Shooter)
●MMOSG
(Massively Multiplayer Online Social Game)
B.
Berdasarkan Grafik
a. 2 Dimensi (2D)
Permainan
yang mengadopsi teknologi ini biasanya termasuk permainan yang ringan dan tidak
membebani sistem. Kelemahan permainan ini adalah kualitas gambar yang kurang
enak dilihat jika dibandingkan dengan permainan 3D. Permainan daring pada
umumnya sekarang mengadopsi teknologi 2,5D di mana karakter yang dimainkan
berbentuk 2D, namun dengan lingkungan yang sudah mengadopsi 3D.
b. 3 Dimensi (3D)
Permainan
bertipe 3D memiliki grafik yang lebih baik dalam penggambaran sehingga
mirip dengan realita. Biasanya dalam permainan dengan grafik 3D
memiliki sudut pandang hingga 360 derajat sehingga kita bisa melihat secara
keseluruhan dunia dalam permainan tersebut. Akan tetapi, spesifikasi komputer
yang dibutuhkan dalam permainan 3D cukup tinggi.
C.
Berdasarkan Cara Pembayaran
a. Pay to Play
Jenis
permainan di mana pemain harus membayar sejumlah uang untuk bermain. Beberapa
permainan dapat di-install atau dimainkan secara gratis, namun jika pemain
ingin menaikkan level dengan cepat atau membeli barang (item) langka
pada permainan, maka pemain harus membayar sejumlah uang, misalnya Gunbound,
Ragnarok Online, dan Ghost Online. Beberapa permainan lainnya membebankan pemain
dengan biaya langganan untuk mendapatkan layanan mereka, seperti pada permainan
Lineage II dan Final Fantasy XI.
b. Free to Play
Jenis
permainan ini tidak membebankan pemain dengan biaya apapun, sehingga dapat
dimainkan langsung secara cuma-cuma. Permainan free to play misalnya
Subspace,Travian,Terra, dan Crossfire. Ada pula permainan free to
play yang diselingi oleh iklan, baik di dalam permainan atau pop-up,
seperti permainan Anarchy Online.
Aturan
Permainan Daring
Permainan daring
biasanya diikat dengan semacam peraturan yang disebut End User License
Agreement (EULA). Konsekuensi yang didapat apabila melanggar perjanjian tersebut
bervariasi sesuai dengan kontrak, mulai dari peringatan hingga penghentian.
Misalnya, pada permainan second life, di mana pemain akan diberi
peringatan, suspensi, bahkan pemutusan keanggotaan, apabila pemain melanggar
perjanjian. Penegakan EULA sedikit sulit, karena tingginya biaya yang
dibutuhkan untuk melakukan intervensi manusia serta hasil yang kecil terhadap
perusahaan, sehingga EULA hanya menguntungkan bagi permainan-permainan berskala
besar
Dampak
Permainan Daring
a.
Dampak
positif
●Bermain
game bagi pelajar merupakan hal yang pasti dilakukan oleh semua pelajar, Maupun
itu pria atau wanita, game adalah sarana untuk senang atau menghaiskan waktu.
Terkadang orang tua berfikir bahwa bermain game adalah hal yang merugikan
bahkan membuang-buang waktu. Tetapi ada keuntungan dibalik bermain game.
●Ada
banyak jenis game yang dimainkan oleh anak-anak khususnya para pelajar. Namun,
seiring dengan perkembangan zaman, visual game kini merajai setiap layar
komputer pelajar. Visual game yang menampilkan grafik gambar tiga dimensi
membuat gambar terlihat lebih real. Kemudian visual game juga menampilkan
warna-warna yang mencolok untuk menunjang grafik gambar yang ditampilkan,
sehingga proporsi gambar pada visual game sudah dipastikan nyaris sempurna
untuk disandang dan dinikmati oleh mata-mata pemainnya sebagai kepuasan dalam
bermain. Ragam jenis visual game pun menawarkan hal-hal yang membuat pemainnya
penasaran untuk memainkannya. Hal-hal inilah yang membuat visual game menjadi
hal yang paling menarik dan teman terbaik untuk menghabiskan waktu bersama.
●Keasikan
dalam bermain dengan visual game membuat presepsi khususnya orang tua terhadap
visual game menjadi sedikit buruk. Tak sedikit orang tua yang menganggap bahwa
bermain visual game menimbulkan dampak yang buruk bagi pemainnya, karena
hilangnya waktu belajar yang baik dan sebagainya.
●Kosa
Kata. Bermain game merupakan salah satu cara lain berinteraksi juga loh. Dua
macam interaksi yang biasanya terdapat pada game adalah interaksi satu arah
untuk berbagai game offline dan interaksi dua arah bagi game online. Cara-cara
bermain game dan interaksinya secara tidak langsung membuat penambahan dan
pelatihan kosa kata pada pelajar, khususnya pada game online yang menawarkan
interaksi sesama pemain namun berbeda negara yang membuat pelajar sedikit demi
sedikit mempelajari bahasa asing.
●Strategi.
Pada beberapa game yang khususnya game yang membutuhkan strategi khusus dalam
permainannya, membuat pelajar melatih kemampuannya berstrategi. Selain itu pula
pelajar mampu mengambil keputusan dan juga bernegosiasi.
Konsentrasi Hal
ini yang paling utama membuat orang tua kita berteriak hanya untuk memanggil
nama kita dan membuat kita beranjak dari game itu. Konsentrasi merupakan hal
yang sangat diperlukan dalam setiap game dengan jenis apapun itu, terkadang
konsentrasi yang dibentuk dalam bermain game lebih besar dibanding dengan
konsentrasi yang dibentuk ketika pelajar sedang belajar. Hal ini disebabkan
karena konsentrasi yang dibentuk oleh pelajar terfokus oleh game yang sedang ia
mainkan dengan mengenyampingkan hal-hal lainnya.
●Visual
Skill. Visual skill merupakan hal yang pasti akan diperoleh oleh pelajar karena
kemahirannya dalam memainkan visual game.
●Mengurangi
Kepikunan. Percaya tidak percaya hal ini memang terjadi. Dengan gaming, pelajar
dapat mengurangi risiko kepikunan dini karena bermain game menuntut otak
pelajar bekerja terus menerus secara sistematis sehingga risiko kepikunan dini
dapat dihindari bagi pelajar.
●Melatih
koordinasi mata. tangan dan skill motorik. Koordinasi merupakan hal paling
penting dalam bermain game. Koordinasi mata, tangan dan skill motorik lah yang
bekerja terus menerus ketika pelajar bermain game. Mata yang terus mengawasi
dan mengikuti jalannya permainan, tangan yang memainkan semuanya disertai
dengan skill motorik yang bekerja beriringan.
●Time
Management. Sebenarnya time management yang baik itu juga bisa didapat oleh
pelajar ketika dia bermain game. Pelajar dituntut dapat membagi waktunya dengan
sebaik mungkin untuk bermain game, belajar dan juga melakukan hal-hal lainnya.
Namun, memang sebagian pelajar sedikit susah untuk mendapatkan time management
yang baik untuk dirinya sendiri. Maka dari itu time management merupakan
manfaat yang paling susah didapatkan oleh pelajar namun jika pelajar dapat
merasakan manfaat yang satu ini, dijamin dia adalah orang yang smart.
b.
Dampak Negatif
●Menimbulkan
adiksi (kecanduan) yang kuat. Sebagian besar game yang beredar saat ini memang
didesain supaya menimbulkan kecanduan para pemainnya. semakin seseorang
kecanduan pada suatu game maka pembuat game semakin diuntungkan karena
peningkatan pembelian gold/tool/karakter dan sejenisnya semakin meningkat. Tapi
keuntungan produsen ini justru menghasilkan dampak yang buruk bagi kesehatan
psikologis pemain game.
●Mendorong
melakukan hal hal negatif. Walaupun jumlahnya tidak banyak tetapi cukup sering
kita menemukan kasus pemain game online yang berusaha mencuri ID pemain lain
dengan berbagai cara. Kemudian mengambil uang didalamnya atau melucuti
perlengkapannya yang mahal-mahal. Kegiatan mencuri ID ini biasanya juga
berlanjut pada pencurian akun lain seperti facebook, email dengan menggunakan
keylogger, software kracking dan masih bnyak lagi. Bentuk pencurian ini tidak
hanya terbatas pada pencurian id dan password tetapi juga bisa menimbulkan
pencurian uang, meskipun biasanya tidak banyak (dari uang SPP misalnya) dan
pencurian waktu, misalnya membolos sekolah demi bermain game.
●Berbicara
kasar dan kotor. Biasa nya hal ini terjadi akibat emosi para pemain game online
yang tidak bisa menahan diri sehingga mengucapkan kata-kata kotor atau tidak
sopan. Para pemain game online sering mengucapkan kata-kata kotor dan kasar
saat bermain di warnet atau game center.
●Perubahan
pola makan dan istirahat. Perubahan pola istirahat dan pola makan sudah jamak
terjadi pada gamers karena menurunnya kontrol diri. Waktu makan menjadi tidak
teratur dan mereka sering tidur pagi demi mendapat happy hour (internet murah
pada malam-pagi hari).
●Pemborosan.
Uang untuk membayar sewa komputer di warnet dan membeli gold/poin/karakter
kadangkala nilainya bisa mencapai jutaan rupiah. Belum lagi koneksi internet,
dan upgrade spesifikasi komputer dirumah.
C.
Dampak Fisik
●Banyak
permainan daring yang membutuhkan pemainnya berkonsentasi dalam waktu lama di
depan komputer, sehingga bisa menyebabkan perubahan fisik, antara lain
●Stamina
menurun karena kurangnya olah raga.
●Tulang
belakang akan menjadi bungkuk karena terlalu sering duduk membungkuk.
●Kinerja
jantung berkurang karena efek dari kurangnya tidur karena bermain game.
●Berat
badan menurun karena saat bermain game kebanyakan akan lupa minum dan makan
karena terlalu fokus pada game atau sebaliknya meningkat karena aktivitas makan
minum tidak lagi teratur dan tidak ada aktivitas fisik yang mengeluarkan
energi.
●Merusak
mata karena terpapar radiasi dari layar komputer dalam jangka panjang.
●Repetitive
strain injury, akibat terlalu lama menggunakan tetikus dalam posisi salah.
Daftar
Top ten Online Gaming Terlaris di Indonesia
a.Warcraft
DotA Games online ini bisa dibilang games online terlaris di Indonesia,
dan juga bahkan di negara-negara lainnya. Games DotA sendiri bisa mengalahkan
kepopuleran games aslinya yaitu Warcraft.
b.
Ayodance adalah sebuah games online battle dance, dimana jika kamu
memainkan permainan yang satu ini maka kamu akan battle dance dengan ratusan
orang di Indonesia.
c.
Point Blank Games ini bisa dikatakan sebagai games online bertema
peperanagan yang paling laris, karena kamu bisa memainkan games online perang
baik perorangan atau berkelompok.
d.
Rising Force Games online yang satu ini masuk ke Indonesia di sekitaran
tahun 2006, Games online ini menceritakan tentang pertempuran tiga bangsa yang
takan ada akhirnya. Di dalam games ini juga memiliki presiden yang diangkat
melalui pemilihan seperti halnya pemilihan presiden di dunia nyata.
e.
Perfect World Games online yang satu ini adalah games 3D MMORPG (Massive
Multiplayer Online Role Playing Game) yang berdasarkan pada mitologi bangsa
China. Games ini dirilis dalam beberapa versi di beberapa negara.
f.
Counter Strike Siapa yang tidak mengenal games yang satu ini, Counter
Strike atau biasa disingkat CS. Games ini merupakan games online bertema
peperangan.
g.
Ragnarok Ragnarok merupakan games yang berasal dari Korea Selatan. Games
online ini juga dibuat berdasarkan cerita yang terdapat di dalam komik korea
terkenal yang mempunyai judul yang sama.
h.
Aion Game online ini juga adalah games berjenis 3D MMORPG. Dalam games
online ini para pemain bisa memilih di antara empat kelas awal, yaitu Warrior,
Scout, Mage dan juga Priest. Warrior sendiri merupakan seorang ahli petarung
jarak dekat, Scout petarung yang mengandalakan kecepatan, Mage merupakan
petarung yang memiliki sihir dan Priest merupakan kelas yang berfungsi sebagai
pendukung.
i.
Gunbound Games online ini memiliki banyak peminat karena memiliki sistem
avatar yang unik didalamnya, para pemain bisa membeli avatar dengan
mengumpulkan uang dari hasil pertarungan melawan lawan-lawannya.
j.
Grand Chase Games online ini merupakan games 2D side-scrolling real time
online fighting yang pertama di dunia, dalam games online sangat memungkinkan
untuk 6 orang pemain bisa bertarung sekaligus.
0 komentar:
Posting Komentar